Toko Bunga

Saat ini sudah memasuki musim hujan yang tentunya identik dengan suasana yang dingin. Tapi tak hanya suasana yang dingin,hujan juga sangat bermanfaat untuk tanah dan tumbuhan disekitar kita. Salah satunya tumbuhan yang ada di kebunku, iya aku mempunyai kebun bunga yang sangat indah. Disana terdapat beberapa jenis bunga mulai dari melati,mawar,anggrek dan masih banyak lainnya. Disetiap pagi hari aku selalu menyirami Bunga-bungaku tak lupa juga aku merawatnya seperti mengguntingi daun daun yang sudah dimakan ulat,memotong batang yang sekiranya sudah tidak bisa berkembang lagi. Biasanya disore hari aku juga menyirami bunga-bungaku juga agar bungaku mendapatkan nutrisi untuk berkembang biak dengan baik.

Semakin hari tumbuhan bungaku semakin tumbuh besar dan jumlahnya juga semakin banyak. Akhirnya ibuku dan aku berniatan untuk menjual bunga-bungaku itu supaya tidak terlalu rimbun di kebunku, alhasil ibuku dan aku mempromosikan melalui grup jualan bunga difacebook dan Instagram bukan hanya di dua platfrom itu ibuku juga mempromosikan melalui story whatsapp. Setelah melakukan promosi itu banyak pengunjung yang datang ke kebunku banyak juga yang membelinya dan banyak juga yang sekedar melihat lihat bunga disana.

Selang beberapa bulan kebunku atau bisa disebut juga dengan toko bungaku itu semakin banyak peminatnya dan sekarang banyak jenis bunga yang dijual ditoko ku. Bahkan saat pandemi mulai muncul banyak ibu-ibu yang mulai suka perkebun membeli bunga di toko kami,al hasil keuangan dikeluarga bertambah. Aku dan ibu sangat senang karena yang awalnya sebuah hobi sekarang malah bisa menghasilkan uang.

Pada suatu hari tokoku kedatangan influencer yang cukup terkenal. Dia ingin membeli bunga untuk ibunya dan pada waktu itu lagi viral-viranya bunga janda bolong akhirnya dia membelinya,dia juga sangat baik mau mempromosikan toko bungaku itu. Akhirnya semakin banyak orang yang mengenal tokoku itu. Bahkan tak hanya dari kotaku saja banyak juga yang dari luar kota. Di tokoku tidak hanya menjual bunga yang hidup saja,tetapi juga ada banyak jenis bunga mati yang dapat digunakan untuk hiasan atau property foto produk.

Setelah kurang lebih 8 bulan tokoku resmi dibuka,aku dan ibuku sudah bisa mempekerjakan 8 pegawai untuk membantu proses penjualan. Karena semakin hari bunga-bunga yang kami jual selalu bertambah akhir nya kami memutuskan untuk memperluas bangunan yang awalnya hanya kebun outdor sepetak kita sudah cukup luas dan terdapat area indornya juga untuk meletakkan bunga-bunga kering yang kita jual. Di tokoku juga bisa menerima pesanan yang tentunya harga jelas beda dari harga ecerannya.

Ada kejadian dimana waktu itu tokoku berjalan 6 bulan. Banyak sekali lika-liku agar bisa menjadi seperti sekarang, dulu pasti setiap malam sehabis tutup toko salah satu pegawaiku itu mencium aroma sajen yang sangat menyengat sekali berada di belakang ruangan indoor. Serontak pegawaiku itu teriak dan langsung lari kerumahku yang bersebelahan dengan toko untuk menceritakn kejadian yang baru saja dialaminya. Kami pun terkejut dan langsung memanggil orang pintar atau bisa disebut dengan dukun untuk mengecek apa yang terjadi,setelah dukun datang beliau langsung menuju ke toko alhasil memang benar apa yang menaruh sesajen dibelakang tokoku itu. Tapi dia tidak mau menyebutkan siapa orang yang telah mengirim barang seperti itu,karena beliau tidak mau ada kerusuhan antar tetangga karena dia iri dengan usaha yang kami bangun dengan susah payah ini.

Keesokan harinya setelah kejadian itu,aku dan ibukku menutup toko sehari untuk diadakan pengajian agar tidak diganggu oleh hal-hal negative. Meskipun waktu awal pembukaan kita sudah adakan acara syukuran ,tetapi hal-hal negative itu kerap muncul. Kami mengadakan pengajian disore hari untuk ibu-ibu dan pada malam hari untuk bapak-bapak. Acara yang kami gelar sangat lancer,setelah acara selesai aku dan pegawaiku melipat karpet-karpet yang baru saja digunakan untuk dibawa ke tempat laundry agar bisa segera dibersihkan. Kami semua mendapatkan tugasnya masing-masing mulai dari mencuci piring dan lain-lainnya. Kemudian kami pulang kerumah masing-masing karena besok harus Kembali bekerja.

Pagi hari aku membuka toko bungaku dan pegawaiku sudah siap untuk bekerja. Kegiatanku setiap habis buka toko yaitu merapikan rak-rak bunga dan menyirami tidak lupa memberi pupuk untuk tumbuhan yang memerlukan pupuk. Begitu juga yang dilakukan oleh pegawaiku,aku juga mengecek tumbuhan yang masih layak untuk dijual atau tidak dan menempel harga disetiap tangkai-tangkai bunga yang ada di toko. Setelah selesai aku langsung pulang kerumah untuk sarapan dan mengambil beberapa sempel bunga kering untuk di foto dan di jual di online. Karena aku dan ibuku belum berani menjual bunga hidup online/kirim ke luar kota takutnya nanti rusak dalam pengiriman.

Hari ini sangat ramai sekali toko bungaku karena banyak anak-anak sekolah yang mau melakukan foto produk dan memerlukan property seperti Bunga kering. Bunga kering di tokoku harganya sangat terjangkau mulai dari Rp250/tangkai aja sudah bisa dapat bunga yang sangat cantik. Tak hanya bunga kering yang laku keras,bunga hidup seperti anggrek,janda bolong,aglonema,keladi,bonsai dan lain sebagainya. Harga bunga hias hidup mulai dari Rp10.000 tergantung jenis bunga dan ukurannya. Di tokoku juga berjualan pupuk,bibit bunga vas atau pot bunga, dan alat-alat untuk merawat bunga lainnya,jadi bisa dibilang super lengkap di tokoku.

Hampir 1 tahun tokoku berdiri namun tidak mempunyai Gudang,al hasil selama ini untuk menyimpan stok bunga kering dan perabotan aku mnggunakan garasi yang berada dirumahku. Tetapi saat ini aku mulai membangun Gudang dan memperluas toko dan menambah pegawai. Akhirnya tokoku sudah mempunyai Gudang sendiri dan sudah cukup berkembang lebih besar lagi,ibuku memutuskan untuk membuka cabang diluar kota agar orang-orang yang berada jauh dari tokoku sekarang bisa berbelanja dicabang tokoku. Karena minimnya tenaga kerja akhirnya ibuku yang langsung turun kelapangan untuk mengelolah di toko cabang.

Pada saat pembukaan toko cabang banyak banget pengunjung yang datang,bahkan banyak juga yang memborong bunga-bunga di toko bungaku aku sangat senang sekali karena antusias pengunjung disini yang super duper sangat baik. Akhirnya aku dan ibuku memutuskan untuk mecari tambahan pegawai yang akan ditempatkan di toko cabang ku ini,tetapi untuk pengawasan ibuku yang akan mengawasi kegiatan ditoko bungaku ini.

Karena pada awal pembangunan toko cabang ini masih belum besar atau bisa disebut toko kecil jadi di toko bunga cabangku ini belum banyak jenis bunga yang dijual dan peralatan untuk merawat tanaman karena minimnya lahan usaha,tapi ibuku dan aku akan selalu memprioritaskan kelengkapan dan kualitas yang nantinya toko cabang ini akan berkembang lebih besar dan bisa menjual banyak jenis-jenis bunga dan peralatan untuk merawat tanaman seperti yang aku jual di toko pusat.

Seiring berjalannya waktu toko cabangku kian hari kian ramai dan bisa menjual lebih banyak jenis-jenis bunga,alhasil ibuku bisa merenovasi dan menambah bangunan yang akan digunakan Gudang barang untuk ditoko cabang itu. Aku sangat senang karena toko ku semakin hari semakin besar dan banyak banget pengunjung yang datang di toko cabang maupun di toko pusat. Karena toko cabangku ini ketaknya yang berada di tengah kota alhasil banyak banget yang datang meskipun juga ada beberapa yang hasil datang untuk melihat-lihat saja,tetapi aku dan ibu tidak pernah mengeluh aka apa yang didapatkan karena kami selalu mensyukuri apa yang sudah di beri oleh tuhan.

Sampai saat ini aku dan ibuku masih belum menyangka bahwa yang awalnya iseng karena kami berdua mempunyai hobi yang sama dengan menanam dan merawat bunga kini kami sudah mempunyai toko bunga yang begitu besar dan sudah dikenal semua orang mulai dari kalangan influencer bahkan sampai ke walikota. Sungguh sangat senang sekali aku banyak yang suka dengan usaha kami berdua,jadi sekarang aku dan ibuku sudah mempekerjakan kurang lebih 20 orang karyawan toko dan 15 orang dibagian Gudang 3 admin bagian pengecekan bunga dan perawatan bunga. Aku berharap suatu saat nanti aku dan ibuku bisa membuka cabang lagi dan bisa menambah pegawai di toko bunga kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.